RAWAT MACBOOK BIAR DOMPET GAK TOTOS!

tumblr_o1b032DTdD1sj80mlo1_500

 

Halo, postingan pertama setelah bertahun-tahun! Lol.

 

Di post ini, aku mau berbagi pengalaman aku sebagai macbook user (basically i’m an apple user). Gak sedikit pengguna yang mengalami hal-hal seperti aku ini, mungkin di luaran sana masih ada pengguna labil seusiaku yang gak tau/gak paham tentang menggunakan macbook jadi aku sengaja membuat thread ini (berdasarkan pengalamanku) untuk membantu teman-teman aku yang butuh. Enjoy the thread!

 

 

▌SUDAH KENAL MACBOOK SEJAK DINI

 

Aku pakai macbook sejak tahun 2013 (kalau gak salah) pokoknya sudah lumayan lama. Dibeliin itu Macbook Pro 13inch (non retina ya). Aku kasih nama Chunchun. Awal punya langsung dikasih ke aku, bahkan ayah aku aja gak pakai, dia malah pakai laptop Dell dan itupun milik kantor. Makanya kalau urusan produk apple, aku pasti lebih handal daripada nyari tombol start di windows 10.

Perlu aku share kenapa aku terlanjur cinta dengan macbook (aku sempat pakai ASUS tapi akhirnya balik lagi ke macbook). Pertama aku suka macbook adalah viewnya tuh enak dipandang, elegan gitu loh, classy. Selain itu, dia oke banget buat nugas yang kayak design, bikin video, ngegambar, yang mana emang kesukaan aku banget. Gak tau aja, setiap pakai laptop berbasis windows suka geram sendiri karena ‘ya Allah lemot banget dah kesel’. Mungkin karena beberapa orang suka gak memfilter hal-hal jadi banyak faktor memperberat kerja laptop mereka, tapi gak semua pengguna windows tuh teledor kayak begini sih. Beda kalau sudah di macbook, lancar jaya, kerasanya tuh ringan banget gitu loh. Pointer mouse tuh bisa melesat kesana kemari, seperti kucing garong. Hehe. Nah, itu sih dua alasan kenapa aku terlanjur cinta sama macbook. Aku rasa macbook tuh emang the best choice buat orang-orang yang emang kerjaannya berat.

Tapi bukan berarti macbook ini gak punya sisi menyebalkan ya. Berhubung harga macbook ini harga satu ginjal aku (gak juga sih hehe), memang perlu perhatian lebih. Gak sedikit sih masalah-masalah sama macbook ini. Walaupun sebenernya dari sudut pandang aku sih, kemungkinan besar ini tuh dari kesalahan usernya sendiri. MEMANG KESALAHAN AKU SENDIRI :(. Makanya aku mau share kesalahan-kesalahan aku yang mungkin terjadi di pengguna macbook yang lain. Iya, ini belajar dari pengalaman.

 

▌SALAH SENDIRI SIH???

 

CHARGER MACBOOK.

Kesalahan yang paling sering aku lakukan berhubungan dengan charger. Kalau dihitung aku sudah 3x ganti charger.

Sebenernya charger bawaan aku tuh sudah aku pakai sampe pertengahan 2017. Hanya aja akunya jorok, kadang ngegulungnya asal, kadang nyimpennya asal, kadang semaleman dicas, pokoknya banyak banget deh kelakuan aku sebagai pemalas yang tidak patut ditiru. Akhirnya sekitar Juni 2017, casan aku mati. Gila, kerjaan aku dengan laptop (nulis, ngedesign, dll) itu banyak. Belum lagi di indikator batreinya harus diservice. Mau nangis parah. Soalnya waktu itu macbook aku sempet mati total, di Indonesia gak ada tempat buat benerinnya dan harus dibawa ke singapur. Yah, lumayan lah ya setidaknya chunchun mewakilkan diriku ke luar negeri :(. Harga ngebenerinnya itu aku gak tau, pokoknya karena waktu itu aku masih SMA jadi ya aku beneran gak nanyain harga sama ayah langsung pakai aja setelah si chunchun hidup lagi.

Kemudian setelah casan mati, aku selalu konsul sama ayah. Langsung aja aku beli magsafe 60watt baru di salah satu tempat apple stuff cukup besar, online. Harganya, kisaran 460ribuan. Tidak ori lah ya. Sebenernya mau nangis, meningan aku tabung buat nonton konser. Tapi ya gimana lagi, aku butuhnya charger bukan tiket konser jadi ya aku harus beli.

Belum sebulan casan aku malah panas, kadang gak nyambung ke chunchun. Langsung aku minta garansi dan untungnya dikasih ganti baru (sebenernya takut kalau-kalau gak bisa garansi soalnya, wadah dan etiket pembayarannya ilang!). Dari situ aku pakai casan ganti itu sampai tahun 2018, bulan Maret.

Di tahun 2018 ini, memang lumayan ya, berbulan-bulan pakainya hanya aja masalah datang saat aku gak ngerawat casan aku ((lagi)). Jadi kabelnya tuh ketilep, dan aku kadang ngecas di tempat landai (kasur). Dari situ, si karet induktornya putus dan tembaga di dalemnya pun putus. Ya, otomatis gak bisa nyala dong. Sempet panik, karena masa aku teh harus beli casan lagi?!?! (Nanti aku cerita kenapa aku takut kalau beli casan lagi).

Aku selalu konsul kalau berhubungan dengan kebutuhan duit sama ayah. Untungnya ayah aku orangnya baik, asalkan aku bener gitu loh, jujur. Lagian aku juga sadar: gila aku tuh udah make duit ayahku berapa miliar???? (wes, gak deeeeh). Tapi mau gak mau deh, aku nanya ke tempat dimana aku biasa benerin macbook.

Untungnya, disitu aku hanya konsul sebentar dan gak mengeluarkan uang banyak. Aku hanya disuruh beli power cable (buat di printer gitu) dan hasilnya oke, casan aku bener lagi. SENENG!!!!!!!! Dari hari ini aku mulai ‘AKU HARUS BENER-BENER MERAWAT CASAN AKU JANGAN SAMPE SEKARAT LAGI!’

 

Oke deh, semoga berhasil ya na.

 

Maka, dari pengalaman aku di atas aku mau share tips merawat charger macbook biar gak gampang rusak. Ininih:

 

Sehabis full, langsung cabut dari laptop dan colokkan di stop kontak. Ini tuh penting banget karena daya listriknya berpengaruh sama charger itu. Pokoknya aku tuh, gak begitu ngerti sih, tapi kebanyakan orang bilang jangan terlalu lama dicolok stop kontak. Begitupun kata aa di tempat servis macbookku.

Cara menggulung. Nih salah satu faktor aku sering rusak adalah cara gulungnya gak bener. Udah tau dikasih media buat ngegulung tapi kadang ngegulungnya asal. Jadi rusak. Dari beberapa orang, aku dapat cara menggulung buat kabel macbook tuh kayak gini.

 

  1. Yang pertama dia digulung di telinganya (?), terus yang aku kasih lingkaran merah dia dicapit ke kabelnya biar kepalanya gak kemana-mana. Tapi ingat sih, efektifkan waktu biar gak terlalu lama digulung begini. Begitu dipake, langsung lurusin lagi deh kabelnya.
  2. Menggulung tanpa dikait ke telinganya. Biasanya kalau lagi gak dipake tapi tempat kitanya oke buat santai (bukan di luar gitu), biar tekanannya gak terlalu erat juga ke kabelnya. Pokoknya sih emang harus hati-hati aja menggulung kabelnya 🙂

 

Jangan ngecharge ditempat empuk. Letakan macbook di atas permukaan datar dan keras. Berhubung kosan aku gak ada meja, aku pakai kursi kecil datar. Dulu sih senang ngecharge di atas kasur, tapi karena landai si kabelnya malah kelipet dan melekung. Jadinya induktor (karet) yang melindungi tembaganya putus, eh tembaganya juga ikut putus jadinya gak bikin nyala macbook. Yang ada malah konslet 😦 Nah, kalau udah ada tanda-tanda putus gitu, jangan dipaksa masuk ke macbook ya. Bisa jadi malah merusak ke macbook.

s__14131207.jpg

akibat kemageranku.

 

EMEGENCY CASE. Kalau memang tiba-tiba rusak, aku selalu searching di internet kemungkinan penyebabnya. Kalau masih gak yakin, aku bawa ke tempat servis. Untuk kabel ori-ku, masalah aku waktu itu ternyata hanya masalah dikabel yang nyambungin dari sumber listrik ke power adapternya rusak, dan untungnya bisa diganti dengan kabel printer. And it works 100%!!! Sementara charger yang aku beli baru, dia sampe aus banget ‘kan. Kata aa-nya bisa diganti kabelnya aja. Tapi karena charger ori-ku belum pernah dicek mati kenapa, jadinya aku gak ganti kabel.

 

Nah, 4 masalah di atas adalah masalah yang pernah aku alamin berhubungan dengan charger macbook dan aku harap gak terjadi sama kalian. Jika terlanjur terjadi, rujuk ke tempat servis ya!

 

NOTIFIKASI SERVICE BATTERY DAN RE-INSTALL OS.

Screen Shot 2018-03-24 at 11.16.54 PM

 

Dulu, waktu kelas 2 SMA chunchun pernah dibawa ke singapur karena mati total. Sekitar tahun 2014, ayahku gak nemu tempat benerin macbook di Indonesia makanya pilihan terdekat ya ke singapur.  Kemudian terjadi masalah lain, tahun 2017 chunchun jadi cepet panas. Setelah aku lihat di indaktor batreinya, dia ternyata harus diservice batrei. Untungnya udah lumayan banyak tuh jasa service macbook. Waktu aku tanya, harga batrei baru itu sekitar 1,5juta. Gila! Gue bisa nonton konser 😦

Karena merasa kewalahan, aku browsing nyari cara mengatasi masalah ini dan ketemulah, cara kalau aku harus mencoba meng-install ulang OS aku. Kebetulan, aku juga kena masalah dimana beberapa aplikasi bawaan gak jalan (lumayan, sekalian nambah aplikasi). Ini sih aku agak gimana gitu ya, habis gak jauh dari aku beli charger macbook seharga 460k itu, aku harus re-install OS macbook. Ya, namanya juga mahasiswa, dan perempuan. Takut harganya fantastis. Aku rasa lebih worth it kalau aku beli sepaket skin-care daripada ilang duit benerin laptop. Hanya gimana ya, terlanjur cinta. (DAN PRIORITASKU YANG LAIN YA NONTON KONSER) (TETEP).

Untungnya, harga di tempat ini bersahabat banget buatku sekitar 200k dan udah plus aplikasi tambahan. Jadi, kalau di indikator batrei kamu menunjukkan Service Battery jangan gegabah mengganti batrei seharga 1,5juta. Coba aja re-install ulang OS, mungkin bakal berfungsi lebih oke dari sebelumnya.

 

▌CINTAI MACBOOK SEPERTI KAMU CINTA AKU

5656010181_b5f531de2f_o

 

Aku rasa beneran deh, benda-benda mati tuh gak seharusnya diperlakukan seperti benda mati. Aku merasa mereka menopang kehidupan kita gitu loh, makanya harus dirawat. Aku sudah janji sama diriku sendiri buat menjaga semua barang milikku. Sumpah, ini tuh udah ditegur sama Allah biar aku tuh apik, biar aku tuh rapih dan biar aku ngerawat benda-bendaku. Sudah jutaan rupiah loh aku habisin buat benerin macbook, dan itu gak murah. 😦

Kalau dihitung kayaknya bisa satu tahun kenyang makan di burger king. Sumpah, ngebenerin macbook tuh bikin dompet totos. Jadi, yuk mari ngerawat macbook kamu biar uangnya jatah ngebenerin macbook bisa dipakai buat hal yang lebih bermanfaat!

 

Baca juga: BENERIN APPLE THINGY DI BANDUNG

Tinggalkan komentar